Kamis, 22 April 2010

Tes kemampuan akademik?

Yes, kemarin dengan indahnya gue gak lolos ujian tulis Univ. Gajah Mada sehingga gue harus belajar untuk ujian universitas lainnya.

Yang udah menunggu di depan mata itu ujian Univ. Padjajaran bandung.
Dan di ujian Univ. Padjajaran itu ada tes kemampuan akademik alias TPA.

Belajar dari kegagalan ujian tulis UGM kemarin, temen gue yang baik hati meminjamkan gue buku-buku soal TPA yang terkadang saking kesel pas ngerjain soalnya pengen gue gigitin.
Oh, my.. Trust me soal TPA itu tidak semudah yang kita bayangkan. Dan kadang-kadang suka gak masuk akal jawabannya.. (atau logika gue yang terlalu cetek? Haha gak tau juga deh)

Contohnya salah satu soal ini :

Semua Insinyur Sipil pandai dalam matematika. Sarwono bukan Insinyur Sipil.
Kesimpulan :
A. Sarwono tidak pandai dalam matematika
B. Sarwono adalah Sarjana Sastra
C. Sarwono bukan Sarjana
D. Sarwono pandai dalam matematika
E. Tidak ada kesimpulan yang benar

Mana yang lo pilih?
Pasti antara A atau E kan?
Gue sendiri milih A.
Dan.. Eng ing eng.. Menurut kunci jawaban di buku itu jawaban yang tepat B!

Hahaha.. Apa hubungannya ya tau-tau nimbrung tuh sarjana sastra.
Yah.. Pikirkanlah sendiri..

3 komentar:

  1. kalo kata guru gue TPA itu untuk menguji tingkat kecerdasan dil beda sama tes smacem utul,simak,itu buat ngetes tingkat kepintaran kita.
    susah emang waktu itu gue coba banyak yang salah T.T

    BalasHapus
  2. iya lin.. TPA susah banget ternyata..
    tapi emang sih soalnya gitu-gitu aja.
    asal sering latihan aja biar terbiasa.

    BalasHapus
  3. hhahah belon pernah!!! tp itu krn aku member blog international giveaways .. Jadi sekalian posting sekalian nyobain.. hehe.
    cobain aja siapa tau menang! :D

    BalasHapus

feel free to comment.. i don't bite you :)